Apa itu alur model bisnis kanvas

ARTIKEL SHARING SMARTWEBINDO.COM

Apa itu alur model bisnis kanvas

Bisnis adalah perantara orang untuk memulai suatu usaha, melakukan kegiatan untuk mendapatkan keuntungan.Di era sekarang ini, dunia bisnis semakin menjelma dunia perekonomian Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang beralih untuk membangun bisnis sendiri, begitu pula disertai perkembangan teknologi yang sudah canggih, makin tertarik lah orang untuk melakoni bisnis.

Apa itu alur model bisnis kanvas

Apa itu alur model bisnis kanvas

Bisnis yang diimpikan tentunya adalah bisnis yang dapat menjangkau target pasarannya secara efektif. Bisa dibilang jika kita melihat seseorang yang berhasil dalam berbisnis seperti penuh decak kagum melihatnya. Luar biasa bagaimana yang menjalankan bisnis tersebut dengan waktu yang relative singkat dapat meraup pundi-pundi rupiah. Terlihat sekali perkembangan bisnis yang relevan disegala cakupannya.

Menjalankan bisnis tidak bisa sembarangan,butuh keseriusan di setiap prosesnya. Bisnis yang baik dilihat bagaimana performanya. Performa bisnis dapat dipengaruhi beberapa faktor, seperti faktor lingkungan perubahan serta model bisnis yang diterapkan. Pada setiap bisnis diperlukan ciri khas atau keunikan tersendiri sehingga membutuhkan model bisnis.

Salah satu yang diperhatikan dalam berbisnis agar perusahaan mampu bersaing dengan competitor di pasar ialah desain model bisnisnya. Model bisnis diartikan sebagai model yang memaparkan bagaimana sebuah perusahaan bergerak dalam memperoleh keuntungan. Model bisnis yang diterapkan harus sesuai dengan tujuan perusahaan agar tersinkron dengan baik.

Dengan menggunakan model bisnis maka memungkinkan sekali mampu membantu mendapatkan informasi tentang bagaimana, dimana dan kapan produk yang dihasilkan dapat berfungsi dengan maksimal. Model bisnis sebagai gambaran strategi untuk dapat berkompetisi dengan competitor di pasaran. Tentunya hal ini akan memberikan kejelasan dalam mewujudkan tujuan bisnis dan meraih target yang harusnya dicapai.

Salah satu model bisnis yang banyk diterapkan adalah model bisnis kanvas. Model bisnis kanvas yaitu sebuah strategi bisnis yang memungkinkan kita untuk menggambarkan representasi bisnis, mendesain kemudian menyimpulkan seluruh lini bisnis yang terkait menjadi satu strategi yang utuh. Model bisnis kanvas ini pertama kali dikemukakan oleh Alexander Osterwalder beserta rekan-rekannya dari hasil sebuah penelitian.

Apa itu alur model bisnis kanvas

Apa itu alur model bisnis kanvas

Model bisnis kanvas ini memiliki alur tersendiri, dimana di alur tersebut terdapat 9 blok atau area yang membantu untuk merumuskan ide bisnis menjadi model bisnis. Inilah 9 blok atau area lahirnya model bisnis kanvas

  1. Customer segments
    Pada area pertama dalam model bisnis kanvas ini adalah menentukan segmen pelanggan mana yang cocok untuk dijadikan sebagai target bisnis. Ada baiknya untuk anda melakukan riset terlebih dahulu agar terlihat kriteria customer yang seperti apa untuk memastikan customer segments anda.
  2. Value propositions
    Area kedua ini adalah value proposition, dimana anda dapat memberitahukan produk apa yang anda tawarkan. Ini merupakan kesempatan bagi anda untuk menjabarkan seperti apa keunggulan produk anda yang berbeda dari produk yang lainnya.
  3. Channels
    Mementukan pilihan channels adalah satu hal yang penting bagi kesuksesan suatu bisnis. Menentukan channel lebih ke seperti media apa yang anda pilih untuk memberikan layanan kepada customer dan memberitahu customer bagaimana cara mendapatkan produk tersebut.
  4. Revenue streams
    Aliran dari pendapatan juga menjadi yang utama dalam sebuah bisnis. Area ini sangat perlu dikelola semaksimal mungkin agar dapat meningkatkan pendapatan yang maksimal. Jangan sampai terjadi hal yang mengakiatkan kerugian untuk bisnis anda.
  5. Customer relationship
    Area ini menggambarkan bagaimana hubungan yang terjalin antara anda dengan customer. Perlu melakukan pengawasan terhadap customer agar mereka tidak berpaling dari bisnis anda. Jalinlah hubungan yang baik dengan customer anda agar mereka tetap setia bersama bisnis anda.
  6. Key acivities
    Area ini menjelaskan kegiatan apa saja yang harus kita lakukan untuk menghasilkan produk dan meningkatkan kualitasnya.
  7. Key resources
    Area ini menjelaskan sumber daya apa saja yang dibutuhkan demi kelancaran sebuah bisnis yang anda jalani. Sesuatu yang dibutuhkan untuk memproduksi produk anda seperti tenaga kerja, material, uang dan lain-lain.
  8. Key partnership
    Area ini menjelaskan bagaimana seharusnya anda memiliki partner yang tepat untuk melakukan kerjasama dalam menjalankan bisnis ini.
  9. Cost structure
    Area terakhir ini menjelaskan tentang biaya-biaya apa saja yang sudah digunakan untuk proses produksi dan pemasaran. Mengelola biaya secara efisien agar bisnis yang anda jalani bisa meminimalkan resiko kerugian.

Dengan diterapkannya model bisnis kanvas maka bisnis anda akan terasa lebih terstruktur. Dengan 9 blok yang dipaparkan diaats menjadi kunci untuk mewujudkan bisnis yang optimal.