Apa itu Personal Branding? Pentingkah?

ARTIKEL SHARING SMARTWEBINDO.COM

Apa itu Personal Branding? Pentingkah?

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang personal branding, kami disini akan menjelaskan tentang personal branding. Personal branding adalah suatu proses memasarkan diri serta karier yang di bentuk untuk semua khalayak umum dengan melalui suatu citra. Kemudian citra tersebut dapat di presentasikan melalui berbagai macam jalur yaitu blog, social media, situs website pribadi, atau pun perilaku di depan umum. Istilah dari brand tersebut mungkin Anda lebih sering mendengarnya pada semua merek yang ternama seperti Apple. Akan tetapi, aktivasi brand / brand action ini bukan hanya untuk merek ternama saja, melainkan bisa juga Anda terapkan pada diri sendiri. Personal branding ini merupakan kombinasi yang unik dari pengalaman dan keterampilan yang membuat Anda menjadi sosok yang sekarang ada. Personal branding juga dapat menjadi pembeda antara milyaran sosok professional yang ada di sekitar dengan Anda.

Personal Branding

Ada dari sebagian orang yang mengatakan kalau personal branding ini tidak penting dan dari kebanyakan orang menganggap personal branding tersebut terlalu makan waktu. Memang benar untuk membangun suatu branding diri Anda, maka Anda perlu menyediakan cukup banyak waktu. Namun, jika Anda menganggap personal branding ini tidak penting maka Anda salah besar, karena Anda semua tentunya telah melihat tantangan karir atau bisnis di era digital ini tidak lagi sama. Untuk sebuah bisnis saja Anda memerlukan website untuk meyakinkan audience agar bisnis Anda dapat di percaya sebagai brand bagus yang menyediakan semua produk atau jasa yang bagus juga tentunya.

Nah, begitu pun dengan nilai diri Anda di mata para pencari kerja. Sudah pasti mereka akan melihat dari representasi online Anda sebagai suatu bahan pertimbangan seleksi, apakah Anda termasuk orang yang layak menjadi seorang kandidat pekerja atau tidak. Untuk penyaringan awal mungkin saja mereka melakukannya dengan melihat seluruh profil Anda tersebut yang tersebar secara online.

Personal branding bila diterapkan dengan baik dapat memberikan kontribusi dari dua arah. Dengan begitu pemilik brand dapat membuat perusahaan atau pun produk miliknya menjadi dikenal lebih luas. Sementara itu, untuk calon konsumen tersebut dalam melakukan transaksi akan terasa lebih percaya diri. Dan keuntungan tersebut akan terbawa hingga ke luar perusahaan, karena jika nantinya perusahaan ini sukses, maka citra diri pun akan ikut terangkat.

Brand personal merupakan salah satu komponen terpenting dalam strategi wirausaha ini karena banyaknya manfaat. Bahkan ada beberapa selebritas yang menggunakan personal branding ini sebagai pendongkrak utama dari kesuksesan starup mereka, dan salah satu selebritas tersebut yaitu Alice Norin.

Dan untuk Anda yang ingin melakukan branding maka sebelumnya Anda harus memiliki produk yang baik. Brand personal ini sebenarnya merupakan pedang bermata dua. Karena ketika pribadi dari seseorang itu di asosiasikan dengan suatu perushaan atau produk, maka citra baik atau pun buruk suatu perusahaan akan ikut meningkat seiring dengan semakin deikenalnya pribadi tersebut. Contoh saja seperti sosok Steve Jobs, beliau selalu dikait – kaitkan dengan keberhasilan Apple, sedangkan di sisi lain ada sosok Keiji Inafune yang akan selalu dikait – kaitkan dengan kegagalan concept.

Semua orang tentunya tidak menginginkan memiliki citra yang diasosiakan dengan keburukan. Oleh sebab itu, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa produk dan layanan yang Anda tawarkan tersebut memiliki kualitas yang baik sebelum merangkul massa lewat brand personal.

 

Personal Brand

Personal branding yang lebih terkonsep dan terpercaya

Dalam personal branding ini sebuah jargon “jadilah dirimu sendiri” tidak dapat diterapkan begitu saja. Sama halnya seperti produk, Anda pun harus menunjukkan citra pribadi yang positif di depan public. Dengan begitu bukan berarti Anda perlu bersandiwara atau berbohong, akan tetapi Anda harus mengetahui kesan seperti apakah yang Anda inginkan dalam pandangan semua orang.

Apakah Anda ingin di kenal sebagai fashionista yang pandai dalam menciptakan sebuah tren baru, atau mungkin Anda ingin di kenal sebagai programmer handal, itu semua tergantung dari kelebihanmu sendiri Anda harus menemukan kelebihan yang Anda miliki. Kemudian Anda tonjolkan karakteristik tersebut dalam konten – konten buatan Anda baik itu artikel, video, foto dan masih banyak lagi.

Dengan semakin banyaknya konten berkualitas yang Anda buat dan semakin baik, kredibilitas Anda dalam bidang tersebut juga akan ikut meningkat tentunya. Perbanyaklah membuat konten yang bersifat untuk membantu orang lain, sehingga semua calon konsumen pun dapat merasakan manfaatnya langsung pada saat terpapar brand personal Anda.