Cara Membuat Copywriting Untuk Iklan Gambar atau Video

ARTIKEL SHARING SMARTWEBINDO.COM

Cara Membuat Copywriting Untuk Iklan Gambar atau Video

Teknik Copywriting Untuk Membuat Iklan Gambar atau Video

Cara Membuat Copywriting Untuk Iklan Gambar atau Video

Website dari bisnis yang Anda milik hanya dapat digunakan ketika berhasil mengonversikan pengunjung menjadi pelanggan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan kalau semua pengunjung yang berkunjung di website Anda tersebut menekan tombol order now, atau add to chart pada website Anda ini. Dan ketika pengunjung tidak melakukan hal tersebut maka bisnis Anda gagal. Disinilah peran penting adanya sebuah copywriting. Dengan Teknik copywriting ini akan membuat Salinan teks (ditambah design halaman) pada sales page atau home page Anda lebih persuasive. Yang dimaksud persuasive disini yanitun karena dapat memicu minat dari pengunjung. Dan dari minat tersebut berubah menjadi ke arah pembelian itu merupakan definisi dari copywriting.

Pada copywriting kali ini kami akan membahas tentang Teknik membuat copywriting untuk iklan gambar atau pun video.kamu kumpulkan beberapa Teknik tersebut dari para pakar copywriting yang berada di luar negeri. Jadi istilah – istilahnya pun kebanyakan menggunakan Bahasa inggris. Mungkin dari kebanyakan orang itu hanya mengetahui beberapa Teknik seperti Teknik AIDA – Attention (Perhatian), Action (Tindakan), Desire (Keinginan), Interest (Minat) sedikit sekali yang mereka ketahui.

Teknik AIDA memang merupakan formula standard dalam Teknik copywriting, namun bukan satu – satunya. Masih terdapat banyak Teknik yang lainnya. dan penggunaan Teknik ini pun tergantung dari apa yang ingin Anda capai sekarang, atau bisa dari jenis produk atau pun layanan apa yang sekarang ingin Anda tawarkan. Dan berikut beberapa Teknik copywriting yang sudah ada sejak dulu itu berarti Teknik ini bisa dikatakan sudah teruji dan mendatangkan hasil yang muarab. Berikut beberapa Teknik copywriting yaitu:

Teknik copywriting 1:

Teknik copywriting yang sederhana dan paling banyak digunakan oleh orang yaitu:

  1. Siapa saya?
  2. Apa yang saya punya yang bisa saya berikan untuk Anda?
  3. Apa yang bisa saya kerjakan untuk Anda?
  4. Apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya

Teknik copywriting 2:

Untuk Teknik copywriting yang ke 2 yaitu SSS = Star, Story, Solution

  • Star yang mempunyai arti bintang adalah karakter utama dalam tulisan Anda. Dan karakter ini bisa dari Anda, seorang artis, pelanggan atau siapa pun itu.
  • Story yang mempunyai arti cerita. Anda dapat menceritakan bagaimana sang bintang tersebut juga mengalami problem yang sama seperti yang dialami oleh pelanggan Anda sekarang.
  • Solution yang mempunyai arti solusi. Anda harus menunjukkan bagaimana sang bintang tersebut menggunakan layanan dan produk Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

Misalkan penggunaan Teknik ini dapat Anda pakai pada iklan kosmetik, pada acara gossip biasanya sering sekali ada iklan kosmetik dengan menggunakan artis yang cantik sebagai modelnya.

Copywriting Untuk Membuat Iklan

Teknik copywriting 3:

Dalam Teknik copywriting 3 ini yaitu PAS = Problem (Masalah). Aggravate (Memperberat). Solve (Mengatasi/ Memecahkan).

  • Yang pertama yaitu problem, mulailah sesuatu dengan membicarakan masalah yang di miliki oleh pelanggan Anda sekarang, buat agar pembicaraan tersebut masuk ke dalam kepalanya).
  • Yang kedua yaitu Aggravate merupakan tekanan resiko terberat dari permasalahan tersebut, Anda dapat membuat mereka agar ingin mencari solusi dari permasalahan tersebut.
  • Yang terakhir yaitu Solve, tunjukan kepada pembaca mengapa dan bagaimana produk Anda dapat memecahkan  masalah mereka (lampirkan permintaan terhadap produk Anda).

Teknik copywriting 4:

Teknik ini yang paling menarik dari semua Teknik copywriting yang ada, ini merupakan Teknik dari Brian Keith Voiles yaitu:

  • A (Attention) yaitu perhatian, manfaat terbesar, merupakan masalah terbesar yang dapat Anda selesaikan, Unique Selling Proportion (USP)
  • A (Action) merupakan tindakan, katakanlah pada mereka apa yang harus mereka lakukan
  • B (Benefit) yaitu manfaat, buat dalam bentuk daftar untuk mencantumkan semuanya
  • C (Credibility) yaitu kredibilitas, alasanya mengapa mereka harus mempercayai Anda
  • I (Interest) yaitu minat, alasannya mengapa mereka harus terarik pada apa yang Anda katakana
  • N (Now) yaitu sekarang, memotivasi untuk mereka mengambil sebuah tindakan sekarang
  • P (Prove) yaitu bukti, bukti Anda yang Anda klaim bahwa itu benar
  • S (Scarcity) merupakan kelangkaan, buatlah kelangkaan
  • W (Warning) yaitu peringatan, apa yang selanjutnya akan terjadi pada mereka ketika mereka tidak segera mengambil tindakan

Mungkin itu beberapa Teknik copywriting yang dapat kami jelaskan. Pada dasarnya semua cara copywriting tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu agar pembaca tertarik dan membelinya.