Tips Memilih Foto untuk Website

ARTIKEL SHARING SMARTWEBINDO.COM

Tips Memilih Foto untuk Website

Tips Memilih Foto untuk Website

Tips Memilih Foto untuk Website

Tanpa adanya foto dalam sebuah website, website akan kurang meyakinkan pengunjung yang berkunjung pada website. Tampilan website pun akan terlihat tidak menarik. Ada pribahasa yang mengatakan di dalam sebuah gambar atau foto mengandung sejuta makna. Dengan menggunakan foto akan mempercantik tampilan website, secara tidak langsung membantu mengkomunikasikan content, menyampaikan cerita dan lain sebagainya. Dalam pemilihan foto yang salah akan membingungkan pengunjung website. Pengunjung pun akan merasa terganggu melihatnya. Sehingga orang pun akan beralih ke website yang lain.

Meskipun Anda bukanlah seorang fotograer handal atau seorang seniman. Anda harus mempertimbangkan foto atau gambar yang akan Anda gunakan pada website Anda dengan hati – hati. Demi meraihnya kesuksesan dari website Anda. Mungkin bagi Anda yang tidak mengerti seni akan bertanya – tanya jenis gambar seperti apa saja yang dapat di gunakan untuk website Anda agar website terlihat lebih baik.

Beberapa tips memilih foto untuk website Anda diantaranya yaitu:

  1. Foto Berkualitas
    Dengan kualitas foto yang bagus, large foto, pixelperfect dan resolusi gambar yang tinggi akan membuat website Anda menjadi terlihat lebih professional. Dengan gambar yang tajam dan tidak blur akan terlihat lebih menonjol. Sehingga dapat meningkatkan perhatian dari pengunjung terhadapat semua produk atau jasa yang Anda tawarkan. Cara yang paling efektif untuk membangun kepercayaan dan menarik perhatian pengunjung website Anda, Anda hanya perlu memajang foto beresolusi tinggi disertai dengan keindahan yang dimiliki foto tersebut. Akan tetapi ada yang harus Anda perhatikan besar dari sebuah ukuran file foto yang akan di muat di website sehingga tidak akan menjadi lambat proses pemuatannya. Ukuran yang di sarankan untuk background sebuah website yaitu 1250 x 800 atau pun lebih tinggi dari ini dengan proporsi yang sama. Sedangkan untuk size/ ukuran file gambar bisa antara 500kb samapai 600kb.
     
  2. Mewakili sebuah produk yang Anda tawarkan
    Foto yang di posting dalam website tentunya haruslah foto yang berkaitan dengan produk yang sedang Anda tawarkan sekarang. Dan untuk membuat pengunjung terkesan pada website Anda gunakan foto nyata dari produk tersebut. Anda juga bisa menggunakan foto ketika Anda memakai produk tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memposting foto manfaat dari produk setelah digunakan.

    Produk akan terlihat hidup pada website dengan beberapa cara di antarana yaitu: gunakan beberapa gambar dari berbagai sudut untuk menunjukan produk tersebut. Izinkan pengunjung untuk melihat produk Anda secara lebih besar ukurannya. Tunjukkan semua variasi warna dan ukuran produk yang tersedia. Pikirkan konteks bagaimana produk harus ditampilkan ke calon konsumen yang potensial.
     
  3. Memilih format gambar yang tepat
    JPG, PNG, GIF merupakan salah satu format gambar yang sangat popular. Format gambar JPEG merupakan format gambar lossy. Dengan format gambar JPEG Anda dapat menampilkan jutaan warna sesuai yang Anda inginkan. Sehingga format gambar ini menjadi format yang sangat popular dan pilihan yang tepat untuk menampilkan karya Anda di internet. JPG mudah di gunakan pada website karena semua perangkat yang munggunakan internet mendukukung format tersebut. Namun kekurangannya dari JPG ini tidak dapat mendukung untuk gambar yang transparan.

    Kemudian format gambar GIF. Kepanjangan dari GIF itu sendiri adalah Graphics Interchange Format. GIF tersebut meupakan gambar lossless 8bit dengan maksimum jumlah warna 256 warna. Namun format ini mempunyai kelebihan yaitu ukuran gambar GIF biasanya berukuran kecil. Tidak seperti format JPG format GIF dapat Anda gunakan untuk menampilkan gambal yang transparan.

    Dan format populer yang terakhir yaitu format gambar PNG. PNG kepanjangan dari Portable Network Graphics. PNG ini merupakan format alternative dari GIF untuk gambar bentuk transparan yang digunakan pada website. Anda dapat menggunakan format PNG yang 24bit untuk format lossless menjadikan tidak turun kualitasnya. Beragam gambar dengan level transparan pada website. Namun format ini tidak seperti GIF, format PNG ini tidak dapat Anda gunakan untuk animasi dan ukurannya pun bisa jadi lebih besar.

    ?Itulah beberapa tips memilih foto untuk website Anda. Kesimpulannya adalah foto yang tepat menjadi pendorong utama dari keberhasilah website Anda.

Tips Memilih Foto Website Anda